Kamis, 21 April 2011

DRUG STORE MAP, Media Informasi Apotek Bagi Masyarakat

Pernahkah Anda merasa kesal, bingung atau susah sekali untuk cari obat yang ingin Anda beli? Atau ketika Anda sedang berpergian ke luar kota, tiba-tiba Anda mendadak sakit dan membutuhkan obat, tapi di daerah itu susah untuk cari apotek/ toko obat / klinik? Drug Store Map dapat menjadi solusi bagi masalah tersebut.
Ide ini sebenarnya masih sekedar ide mentah dari saya saja. Ide ini muncul atas dasar pengalaman pribadi saya ketika saya sedang berlibur ke luar kota. Tiba-tiba di dalam perjalanan tersebut, ibu saya lupa membawa obat yang biasa diminum dan harus rutin. Lalu kami pun pergi ke apotek sekitarnya namun tidak ada yang menjual produk tersebut. Setelah cukup lama mencari, akhirnya kami bisa mendapatkannya di apotek yang cukup jauh dari tempat penginapan.
Contoh pengalaman yang saya ceritakan di atas pasti Anda sekalian pernah mengalaminya. Pusing bukan? Waktu jadi banyak tersita. Belum lagi jika obat yang dibutuhkan itu sangat urgent, wah nyawa bisa melayang bukan?
Oleh karena itu, saya memiliki ide menciptakan suatu media informasi apotek dimana masyarakat bisa mengetahui daftar apotek-apotek yang menyediakan obat-obat yang dibutuhkan mereka. Media ini bisa diakses melalui handphone / smartphone yang dapat menggunakan akses internet.



Saya berikan urutan sederhana dari aplikasi tersebut di bawah ini:
1.    Anda masukkan posisi Anda sekarang di kolom yang tersedia
2.    Setelah itu, Anda masukkan nama obat yang Anda butuhkan pada kolom yang tersedia
3.    Ketika Anda telah mengisi semuanya, aplikasi ini akan menampilkan daftar apotek yang menyediakan obat tersebut dalam radius tertentu dan terdekat dengan posisi Anda berikut alamat dan nomor telepon apotek tersebut.
4.    Jika tidak tersedia, akan muncul pertanyaan apakah Anda ingin mencari kembali. Ketika Anda mengklik yes, akan ditampilkan daftar apotek lainnya dengan radius yang lebih jauh dari yang pertama.
5.    Jika masih tidak diketemukan, aplikasi ini akan memberi pertanyaan apakah Anda bersedia membeli produk yang berbeda tetapi memiliki kandungan yang sama dengan yang Anda cari. Ketika Anda menjawab ya, akan muncul daftar produk yang memiliki kandungan yang sama berikut daftar apotek yang menyediakan produk tersebut.
Bentuk aplikasi di atas nantinya akan dibuat sangat sederhana dan siapa saja dapat mengaksesnya (user friendly). Apalagi alat yang dibutuhkan (HP / smartphone) saat ini sudah banyak yang menggunakannya. Aplikasi ini sifatnya gratis dan masyarakat bisa mendownloadnya di internet nantinya.
Banyak manfaat dan keuntungan yang bisa diperoleh dengan aplikasi ini, antara lain:
1.    Kita sebagai user akan lebih cepat mendapat informasi daftar apotek yang menyediakan obat yang kita butuhkan, terlebih lagi ketika kita berada di luar kota.
2.    Kita juga bisa dengan cepat mengetahui informasi produk subtitusi dari obat yang kita butuhkan ketika obat tersebut sangat jarang disediakan oleh apotek yang dekat dengan posisi kita.
3.    Aplikasi ini juga bisa menjadi media promosi bagi apotek-apotek yang terdaftar, sehingga mereka bisa menyampaikan informasi produk-produk yang disediakan oleh apotek tersebut.
Memang aplikasi ini belum terealisasi, masih menjadi angan-angan saya saja karena butuh waktu dan biaya yang tidak kecil, belum lagi terkendala pada keinginan apotek-apotek untuk mau mendaftarkan data produknya ke dalam aplikasi ini karena sudah pasti jenis produk yang apotek sediakan tidak cuma satu dua macam saja. Apalagi apotek yang ingin mendaftarkan ke aplikasi ini dikenakan biaya pendaftarannya (hehehe, ya keuntungan saya dari biaya pendaftaran inilah).
So, apakah ada dari pembaca yang tertarik dengan ide saya ini lalu mau menjadi sponsor untuk pembuatan aplikasi ini dapat menghubungi saya melalui e-mail di burmed96@yahoo.com. Saya yakin, aplikasi ini kalau sudah jadi bisa menghasilkan keuntungan yang besar apalagi teknologi informasi semakin maju dan masyarakat semakin melek akan teknologi informasi. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar